Recent Videos

Thursday, December 8, 2011

Definisi Fashion


*Arti kata dari fashion itu sendiri memliki banyak sisi. Menurut Troxell dan Stone dalam bukunya Fashion Merchandising, fashion didefinisikan sebagai gaya yang diterima dan di gunakan oleh mayoritas anggota kelompok dalam satu waktu tertentu. Dari definisi tersebut daapat terlihat bahwa fashion erat kaitannya dengan gaya yang di gemari, kepribadian seseorang, dan rentang waktu. Maka bisa dimengerti mengapa sebuah gaya yang di gemari bulan ini bissa dikatakan ketinggalan jaman beberapa bulan kemudian.

*Menurut solomon dalam bukunya ‘consumer Behaviour’ European perspective fashion adalah proses penyebaran sosial (social-diffusion) dimana sebuah gaya baru diadopsi oleh kelompok konsumen. Fashion atau gaya mengacu pada kombinasi beberapa atribut. Dan agar dapat di katakan ‘in fashion’.
*Menurut Poppy Dharsono, tokoh fashion Indonesia yang tidak hanya sebagai pengamat tapi juga praktisi, fashion adalah sebuah kecenderungan gaya yang sedang digemari pada saat itu dalam jangka waktu tertentu. Menurut Ellen, fashion adalah bagian gaya hidup yang merupakan pilihan pribadi setiap orang, yang bisa membuat diri mereka  merasa lebih baik dan nyaman.
Istilah gaya dan desain perlu di jelasakan agar tidak disamakan dengan fashion. Gaya (style) adalah sebuah karakteristik dalam mempresentsikan sesuatu. Dalam lingkup pakaian, gaya adalah karakteristik penampilan bahan pakaian, kombinasi fitur-fiturnya yang membuatnya berbeda dengan pakaian lain. Contohnya, rok sebagai salah satu gaya berpakaian bagi wanita, pilihan lainnya adalah celana atau leging, sedangkan jas adalah salah satu gaya berpakaian bagi pria, pilihan lainnya bisa menggunakan jaket kulit atau jaket jeans. Gaya suatu saat bisa di terima dan suatu saat bisa pergi, namun gaya yang spesifik akan tetap diingat, entah itu di katakan fashion atau tidak.
Sedangkan desain adalah versi spesifik dari gaya. Contohnya, rok yang menjadi gaya berpakaian wanita, namun memiliki desain yang berbeda-beda seperti A-line, high waist(pinggang tinggi), rok mini dll. Biasanya produsen pakaian membuat beberapa variasi desain dari gaya yang sedang digemari saat itu agar konsumen mempunya banyak pilihan. Baik gaya dan desain secara bersama-sama berperan dalam menentukan fashion pada waktu itu.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops